Anda mungkin belum pernah dianggap membuat arsitektur dinding dan bukaan dengan Non-Uniform Rational Dasar Splines. I mean, why would you? NURBS yang terbaik yang dikenal sebagai alat yang sempurna Curves dan model permukaan, setiap point yang didefinisikan secara matematis. Industri otomotif dan desainer, arsitek pangkalan angkatan laut, dan bahkan karakter modelers menggunakan kuasa untuk mewakili NURBS permukaan lengkungan kompleks. Yang paling matang NURBS toolsets sedang Alias Studio, Maya, dan badak.
Namun, tool memiliki NURBS tenang menjadi bagian dari 3ds Max dan yakni selama bertahun-tahun. Program ini tidak hanya dikenal NURBS, dan saya anggapan bahwa kebanyakan orang yang diintimidasi oleh mereka memiliki kompleksitas dan akibatnya terjebak dengan mesh atau patch modeling tools. Sedikit berani jiwa yang telah menyelam ke dalam deep akhir NURBS renang dalam 3ds Max yaitu dan mungkin masih sedikit orang-orang yang membutuhkan NURBS 'keunggulan daya tepat untuk menangani complexly lengkung model.
Saya telah menemukan bahwa NURBS adalah alat yang sangat baik untuk mewakili dinding. Ya, bahkan untuk dinding yang bebas dari lengkungan untuk berbicara. Saya suka membuat dinding dengan NURBS fleksibilitas untuk mengedit, organisasi unggul, dan adaptif topologi. Bahkan, saya mengira bahwa pencipta dari SketchUp menggunakan NURBS di bawah tenda untuk mengusir apa ke jumlah yang sangat intuitif dan powerful modeling program (tetapi murni dari perkiraan saya). Saya mengundang anda untuk melewati tutorial ini dan kemudian memutuskan bagaimana Anda ingin membuat dinding dan bukaan dalam 3ds Max yaitu dan.
Mari kita mulai oleh sketching sederhana di lantai rencana Top viewport. Jangan sketsa yang linework dengan NURBS Curves-akan lebih mudah untuk mendapatkan garis lurus dengan splines. Gunakan titik grid snap dan sketsa berikut kasar bentuk menggunakan Line bentuk alat.
Mengubah nama obyek Walls. Nonaktifkan membentak dan pergi ke viewport perspektif dengan menekan S dan P. Beralih ke panel Modify dan menerapkan pengubah menolak. Mengatur unit menjadi US Standar jika Anda ingin agar sesuai dengan apa yang saya lakukan dan kemudian mengatur jumlah mengusir 8 di kaki. NURBS Pilih tombol radio di Output grup.
Untuk melihat backfaces tembok, klik kanan dan pilih Properties dari menu Tools 1 quad. Jika Property Tampilan diatur Oleh Layer, klik tombol untuk pergi Dengan Object. Uncek Backface menyisihkan dan Anda akan dapat melihat bagian dalam dari permukaan dinding. Jika ini muncul permukaan gelap (tanpa cahaya), klik kanan dan pilih viewport Label Konfigurasikan membuka Viewport Configuration dialog box. Pilih 2 Lampu tombol radio di grup Pengolahan Pilihan. Klik OK dan baik di dalam dan di luar permukaan akan muncul merata lit.
Tekan F4 untuk beralih pada wajah rata modus. Buka Tampilan Line Parameter rollout. Tekan F3 untuk beralih ke mode wireframe. Perhatikan isoparametric baris hijau. Ini dapat bermanfaat pada permukaan lengkung, tapi kami tidak membutuhkannya.
Pilih tombol radio Hanya Mesh dan Anda tidak akan melihat apapun iso baris. Beralih kembali ke modus berbayang dengan menekan F3 lagi. Apa yang kita lihat dalam rata modus yang cocok apa yang kita lihat dalam wireframe. Sekarang kami kembali di zona kenyamanan.

Seperti kita pemodelan dinding, yang hampir pasti rata, kami akan pergi untuk minimum tessellation. Set tessellation metode untuk reguler dan menggunakan langkah 1 di kedua U dan V.

By the way, huruf UVW mengacu pada sistem koordinat yang ditetapkan oleh permukaan itu sendiri. UVW sistem yang juga digunakan oleh bahan-bahan untuk menemukan peta tekstur pada permukaan. Saya mengira mereka memilih huruf UVW kerana mereka segera mendahului XYZ, dan kami sudah tahu orang-orang merujuk kepada surat-surat koordinat spasial.
Sekarang Anda memiliki menarik set permukaan, tetapi mereka kertas tipis. Shell menerapkan pengubah dan masukkan dinding ketebalan dari 5 inci di Luar Jumlah parameter. Tembok mendapatkan extruded terbentang di ketinggian dan sekarang kami melihat dinding yang solid.
Batin semua sudut dinding chunks akan hilang, tapi semua sudut luar terlihat besar. Jika anda memerlukan kedua batin dan sudut luar menjadi hak (untuk walkthrough atau web3D model) anda harus menyesuaikan NURBS melengkung secara manual. Go to the Curve CV (CV berarti kontrol vertex) tingkat sub-objek dari NURBS Surface. Pilih salah satu CV di sudut Anda ingin memperbaiki dan memindahkannya jarak yang sama dengan ketebalan dinding. Di sini kita memindahkan satu CV minus 5 inci di X. Kembali ke obyek dan klik Perlihatkan Akhir Hasil beralih di stack. Di semua sudut-pujian kpd Tuhan sembuh!
Akhirnya sekarang kami dalam posisi untuk memotong bukaan di dinding untuk mengakomodasi jendela dan pintu. Mari kita jendela pertama. Denah sebuah Rectangle di luar permukaan dinding Autogrid menggunakan modus. Dengan cara ini, maka spline lokal XY pesawat akan di dinding dari ketinggian.
Saya ingin saya tarik kurfa subobjects dari pesawat tembok sehingga mereka akan lebih mudah untuk memilih nanti untuk mengedit; it's just a little trick I've dikembangkan. Go to the Curve subobject tingkat. Anda memiliki empat independen "Curves" (yang sebenarnya terlihat seperti baris) di sini. Klik Hubungkan Semua curves tombol di bagian atas Curve Common rollout. Klik pada salah satu Curves dan keempat akan menyorot. Tarik kembali pilihan jarak yang jauh dari permukaan dinding.

J hijau tergantung curve diproyeksikan akan muncul pada permukaan dinding. Anda tidak akan dapat melihat ini, kecuali jika Anda baru saja diambil independen Curves jauh dari tembok.
Proyek keempat independen Curves (biru) untuk tergantung diproyeksikan Curves normal (hijau). Sekarang pergi ke Curve subobject tingkat, pilih Curves independen yang diambil dari pesawat tembok, dan memindahkannya. Tergantung pada Curves ikuti. Posisi jendela benar-benar diedit dengan menggerakkan independen Curves.
Ada satu langkah lagi untuk membuka diratakan. Kembali ke tingkat atas dari permukaan NURBS dan membuka permukaan Buat rollout. Klik Multi-Trim alat dan pilih salah satu dari masing-masing hijau tergantung normal diproyeksikan Curves. Klik-kanan dan memilih untuk menghentikan memeriksa Flip Trim ini di bawah Buat panel (Anda harus tarik panel atas). Selamat, Anda telah memotong membuka jendela.
Pemotongan membuka pintu agak sedikit lebih mudah daripada pemangkasan keluar jendela. Kerjanya berbeda karena mengganggu pintu bagian bawah ujung tembok, sehingga mereka tidak dapat dipangkas. Pergi ke tingkat Permukaan dari NURBS Surface. Klik Break Col alat di Permukaan Common rollout. Toggle off Perlihatkan Akhir Hasil dalam tumpukan sehingga Anda dapat melihat baris biru. Klik di manapun anda ingin salah satu dari ujung yang akan membuka pintu. Klik lagi jarak yang lebih dari yang lain untuk menambahkan ujung membuka. Anda melanggar NURBS permukaan sepanjang baris baru ke permukaan.
Kembali ke tingkat atas dan beralih pada Perlihatkan Akhir Hasil dalam tumpukan lagi. Membuka pintu muncul di dinding yang solid. Sekarang Anda dapat mengatur posisi, ketinggian dan ukuran dari bukaan dengan memilih Permukaan CV untuk tingkat Curve pintu dan jendela untuk tingkat CV. Anda dapat menambahkan sebanyak mungkin pintu dan jendela yang Anda ingin satu dinding objek. Ini semua sangat terorganisir dan sangat fleksibel. Bandingkan ini dengan boolean kompleks objek, di mana Anda biasanya akan ada deep nesting masalah yang membuat mengedit hampir mustahil.
J 14 menit video yang menunjukkan teknik ini tersedia di vodcast, The Digital Arsitek.
0 komentar:
Posting Komentar